Mengatasi Rasa Kesepian Bersama Lagu Solicitude - Gabriel Prince



solicitude gabriel prince



Ada berbagai alasan menarik dari terciptanya sebuah lagu. Tak heran, akan banyak kita temukan berbagai inspirasi yang bisa mengubah cara pandang kita. Sebuah lagu bisa menemani seseorang dan seakan mengerti perasaannya. 


Namun, pernahkan kalian mendengar lagu berjudul Solicitude?

Lagu yang dinyanyikan oleh Prince, anak muda yang sempat viral. Tak hanya karena penyanyinya yang terkenal, lagu Solicitude ternyata juga sukses karena maknanya yang sangat dalam.


Mari kita belajar hal sederhana, dari lagu Solicitude. Dijamin, kamu tidak akan kesepian lagi!


Pentingnya lagu untuk emosi seseorang

Sebelum kita membahas mengenai lagu Solicitude, kita perlu mengetahui dahulu peran lagu terhadap diri kita.


Pernahkah kalian menyadari seringkali lagu yang kita putar sesuai dengan mood kita saat itu. Saat bersedih, kita cenderung memutar lagu dengan tempo lambat, dan saat bahagia, kita memutar lagu upbeat. Hal ini sepertinya telah mengakar dalam diri manusia dan terjadi secara alamiah.


Semuanya mengikuti suasana hati


Hal ini sejalan dengan beberapa hasil riset yang mencari tau hubungan antara suasana hati dan musik. Dilansir dari halodoc.com, menurut hasil studi oleh Journal of Positive Psychology, diketahui bahwa musik upbeat bisa memperbaiki mood dan meningkatkan perasaan bahagia dalam dua minggu. Sedangkan, studi lain oleh World Journal of Psychiatry menemukan bahwa terapi melalui musik dapat mengurangi depresi dan kecemasan.


Tidak heran jika saat suasana hati sedang sedih, kita juga akan memutar musik dengan lirik yang suasananya serupa. Terkadang, orang-orang akan merasakan memiliki teman seperjuangan hanya dengan mendengarkan musik. Mereka bahkan sengaja mencari musik yang suasananya sedih agar bisa menangis dan meluapkan seluruh emosi yang ada.


Terkadang, banyak orang tidak nyaman meluapkan perasaannya di depan banyak orang. Menepi sambil mendengarkan musik mungkin alternatif yang tepat agar suasana hatimu lebih baik


Situasi seperti ini mungkin akan menjadi tempat ternyaman beberapa orang. Meluapkan emosi tentu akan melegakan. Meluapkan emosi di kesendirian mungkin menjadi salah satu cara untuk lebih memahami dirimu. 


Akan bermunculan berbagai ruang hangat dari hatimu, yang memeluk dirimu sendiri


Senyaman-nyamannya mengekspresikan perasaan di kesendirian, tetap saja, terkadang kita butuh orang lain untuk menjadi teman bicara. Mungkin kalian juga akan menemukan berbagai hal menarik dari mereka yang tidak bisa kalian dapatkan sebelumnya.


Serba-Serbi Lagu Solicitude

Lagu Solicitude merupakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Gabriel Prince. Lagu ini dirilis melalui label milik Rossa, yaitu Inspire Music.


Sebelumnya, Prince sempat menghebohkan masyarakat Indonesia karena menolak tawaran SM Entertainment. SM entertainment sendiri adalah agensi terkenal asal Korea Selatan yang menaungi banyak idol seperti EXO dan NCT. Tak heran, jika kemunculannya di dunia hiburan, banyak disukai masyarakat karena parasnya yang mirip idol Korea.


Kembali lagi ke lagu Solicitude. Lagu ini juga sempat disukai banyak orang bahkan sebelum perilisannya. 


Mengapa bisa?


Ternyata, lagu ini pernah dibawakan oleh sang pencipta lagunya, Gayatri, pada audisi Indonesian Idol. Hal ini membuat para penonton yang menyaksikannya terkesima dan mengakui keindahan lagu ini.


Lirik Lagu Solicitude

Berikut ini adalah lirik lagu Solicitude:

In your eyes, I saw pain

In your hand, I felt fear

So let go off the things that makes you scared 

And show me all the scars that you have, my love

 

I believe that you'll be fine

We both know that life will knock us down

Just tell me if life is hard and you gave up

I'll be all you need, so hold me tight

 

See that many people love you 

See that you've been loved

By someone who has been waiting for you 

 

No you don't need to be afraid anymore

You don't need to you don't need to

 

See that many people love you

See that you've been loved

By someone who waiting for you

 

See that many people love you

See that you've been loved

By someone who waiting for you

Oh, you don't need to you don't need to

You don't need to be afraid anymore

Don't be scared, 'cause I'm here


Belajar Dari lagu Solicitude

Apa yang kalian rasakan setelah membaca lirik lagu tersebut?

Saya rasa, kalian sama seperti saya. Terkejut bahwa maknanya ternyata sangat mendalam. 


Awalnya saya mencoba mendengarkan lagu ini karena penasaran sebagus apa lagu yang sempat viral ini. Setelah mendengarkan, saya mengakui bahwa lagu ini sangat enak didengar dan terasa memberikan ketenangan. Lagu ini pun akhirnya menarik minat saya untuk menggali lebih lanjut tentang maknanya. 


See that many people love you

Lagu ini mewakilkan perasaan banyak orang. Seringkali kita merasakan kesepian dan tidak dicintai. Dunia terasa selalu mengucilkan kita. 


Tapi, siapa kita dengan beraninya bilang seperti itu?

Kita bahkan tidak bisa membaca pikiran dan isi hati orang lain. Kita bahkan tidak bisa membaca suratan takdir untuk diri kita sendiri.


Maka, kita tidak berhak untuk menyatakan diri kita tidak berharga dan tidak dicintai. Kita hanya tidak bisa mengetahui dengan detail siapa saja orang yang peduli dengan kita.


Toh, kepedulian orang lain tidak selalu perlu diungkapkan bukan?


Kita mungkin selalu merasa gagal. Kita selalu merasa sendirian. Tidak ada yang mendukung.

Tapi, apakah kita pernah berpikir bahwa akan banyak orang di luar sana yang mendoakan kita. Kepedulian bukan sebatas mereka memberi kata-kata penyemangat lewat instagram story, tapi lebih dari itu. Bahkan, yang penting dari itu semua adalah dukungan yang mereka sampaikan kepada Tuhan.


Mereka berdoa untuk kita maka mereka sangat peduli terhadap kita


Just tell me if life is hard and you gave up


Mereka mungkin tidak selalu ada untuk kita, tapi saya yakin mereka akan selalu ada saat dibutuhkan. Mereka selalu memberikan apa yang terbaik, tanpa harus mengatakannya. Sehingga, seringkali kita merasa bahwa mereka sangat tidak peduli atas apapun yang terjadi dengan kita.


We both know that life will knock us down

Lagu ini juga bisa memicu kembali semangat. Kita mungkin dihadapkan pada berbagai masalah yang ada. Merasakan sulitnya hidup dan terkadang merasa ingin menyerah.

Tapi, ingatlah. Dunia memang ada kalanya membuat kita terpuruk. Tidak hanya kamu, tapi orang-orang di luar sana juga mengalami banyak masalah. Tinggal bagaimana kita meresponnya dan mengelola semua sumber daya untuk menyelesaikannya.

 

 

Makna semacam ini juga bisa kita rasakan pada music video yang tersedia di youtube. Dalam ceritanya, ada seorang wanita dan seorang pria yang sedang mengidap penyakit tertentu. Mereka menghabiskan waktu bersama, mereka saling menguatkan, dan mereka merasakan pahit-manisnya kehidupan bersama. Setelah berjuang berdua, mereka akhirnya berhasil. Mereka sembuh dan akhirnya bisa hidup dengan keadaan sehat. Mereka tetap bersama dan merasakan pentingnya dukungan orang lain dalam keadaan apapun.


Menarik bukan?

Kekuatan kebersamaan menjadi kunci penting sebuah keberhasilan. Ketulusan akan memperkuat pundak seseorang. 


Tidak ada seseorang yang benar-benar sendiri, kita hanya perlu mencari seseorang yang tepat

 

Terinspirasi Dari Audisi Indonesian Idol

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lagu Solicitude ini pernah dibawakan Gayatri di audisi Indonesian Idol. Dia menciptakan lagu ini sekejap dan hanya melihat dari kondisi sekitarnya.


Dia melihat orang-orang di sekitarnya yang cemas akan hasil audisi. Dia memperhatikan mereka dan yakin bahwa banyak orang di luar sana yang mendoakan mereka. 


Saya sangat mengakui bahwa Gayatri berbakat. Dia bisa menciptakan lagu luar biasa hanya dalam waktu singkat. Bahkan, saat itu dia pasti juga merasakan cemas karena sedang mengikuti audisi. Tapi, dia bisa menyalurkan emosinya untuk hal-hal yang produktif.


Tak heran jika Rossa tertarik dengan lagu ini.





Lagu Solicitude ini menyadarkan kita akan banyak hal. Saya mendukung para pencipta lagu bisa memberikan semangat positif melalui lagunya. Bukan hanya sebagai hiburan, lagu semacam ini bisa membuat kita semakin sayang akan diri sendiri. Sekali lagi,


Tidak ada seseorang yang benar-benar sendiri, kita hanya perlu mencari seseorang yang tepat

Keberhasilan kita tidak murni berkat perjuangan sendiri, tapi ada campur tangan banyak orang yang ikut mendoakan


No comments:

You Might Also Like

Powered by Blogger.