Self-Love: Langkah Kecil Meningkatkan Kualitas Diri

Siapa Orang yang Paling Mencintaimu?

“Kamu payah banget sih! Masa ujian gampang gitu aja hasilnya jelek!”

“Bisa nggak sih kamu kaya kakakmu?! Dia selalu nurut omongan orangtua”

“Lebaran ini kamu agak gendutan yaa”

Kamu mungkin sering mendapat kritikan dan tamparan seperti itu. Kritikan yang seharusnya membangun, namun malah meruntuhkan harga dirimu. Tamparan yang seharusnya menyadarkanmu akan sebuah kesalahan, namun tanpa sengaja malah menghina kepercayaan dirimu.


Sudahkah kamu mencintai diri sendiri?


Kamu pasti sedih, kamu pasti kecewa, dan kamu pasti mulai pesimis. Kamu mungkin merasakan dunia tidak adil. Semesta selalu mendukung keadaan yang membuatmu direndahkan. Kamu merasa sendirian. Kesepian. Kamu bahkan menghakimi dirimu sendiri. Tidak ada orang yang melindungi harapanmu. Semua berfokus pada kegagalan, dan tak peduli segudang keberhasilanmu.

Wajar jika kamu menangis semalaman. Wajar jika duniamu seakan berhenti sejenak. Tapi ingat, kamu berhak bahagia. Percayalah, jika ada orang yang “membencimu”, maka akan ada segelintir orang yang tulus mencintaimu. Kamu hanya perlu mendapatkan kesempatan yang tepat untuk bertemu mereka.

Namun, kamu perlu menyadari satu hal. Dari sekian orang yang mencintaimu, hanya ada satu yang secara mutlak benar-benar memahami dirimu. Dia tau perasaanmu, dia tau kesenanganmu, dan dia selalu menemanimu. Lantas, siapakah itu?

Itulah kamu

Dirimu sendiri

Kamu boleh tidak percaya. Kamu boleh meremehkan hal itu. Tapi cobalah kembali sejenak ke masa lalu. Saat kamu larut dalam rasa sedihmu, siapa yang selalu menghiburmu? Saat kamu tenggelam dalam rasa kecewa, siapa yang bisa menenangkanmu dan mengatakan bahwa ini akan baik-baik saja? Saat kamu merasakan kesepian mendalam di malam hari, siapa yang selalu menemanimu?

Itu dirimu

Tanpa kamu sadari, hanya dirimulah yang paling mengerti situasimu. Dialah yang menerimamu tanpa pengharapan apapun.

Bangunlah

Sekecil apapun progress-mu, dia selalau tau. Dia teman hidup terbaik untukmu. Kamu hanya perlu memulai mencintainya dengan benar.

 

Apa itu Self-Love? Pentingkah?

Sebelum mulai mencintai diri sendiri, kita perlu sadar bahwa pengetahuan tentang self-love tentu akan membuat kita lebih terarah. Penting memahami apakah self-love sebenarnya.

Self-love adalah keadaan penuh kesadaran dimana seseorang mampu menghargai dirinya sendiri dan mampu berdamai dengan segala cerita hidupnya. Self-love yang baik akan membuat kita merasa nyaman dengan hal-hal yang ada pada diri kita. Membuat kita kuat dan tau respon apa yang akan kita lakukan terhadap suatu masalah.

Memiliki self-love akan membuat kita merasa selalu memiliki pendukung setia. Tidak peduli apa kata orang, kita akan selalu melakukan hal yang membuat kita Bahagia. Self-love membuat diri merasa utuh dan penuh sehingga kita merasa cukup serta tidak akan lagi bergantung pada kata orang.

 

Sudahkah Kamu Cinta Dirimu?

Coba tinggalkan sejenak aktivitasmu sekarang. Tutup matamu dan tanyakan pada dirimu.

Sudahkah kamu mengenali dirimu?

Sudahkah kamu berdamai dengan hidupmu?

Banyak orang merasa sudah mengenal dirinya dengan baik. Padahal, setiap saat mereka merasa kosong dan tak tau hidupnya akan berlayar kemana. Mereka tidak tau cara mengekspresikan dirinya. Mereka sering terpuruk dan selalu merasa kurang. Mereka selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. Mereka belum mencintai dirinya.

Mengenali dan mencintai diri sendiri memang perlu waktu yang lama. Meskipun sudah berkonsultasi kesana-kemari, tetapi tentu yang bisa menumbuhkan self-love adalah dirimu sendiri. Namun, tidak ada salahnya untuk berbicara dengan seseorang untuk mendapatkan saran atau sekedar curhat. Jika pikiranmu tenang dan kondisimu baik, maka akan memudahkanmu dalam memahami diri.


Apa yang terjadi saat kamu kekurangan self-love?

Istilah self-love banyak dikenal akhir-akhir ini. Namun, di sisi lain, istilah insecure juga terus digaungkan terlebih oleh generasi milenial. Ini sedikit menjadi pembuktian bahwa viralnya istilah self-love tidak berarti orang-orang tergerak untuk segera mencintai dirinya. Insecure menjadi salah satu hal yang akan kita rasakan saat kekurangan self-love. Seperti yang kita tau, bahwa self-love membuat kita merasa utuh. Sebaliknya, jika kekurangan self-love maka kita terus merasa kurang dan terus membandingkan diri dengan sekitar. Kita akan cenderung menghakimi diri saat melakukan kesalahan. Kita akan melontarkan komentar pedas kepada diri sendiri. Meskipun kritikan adalah hal yang membangun, namun kritik secara berlebihan akan membuat harga diri kita terancam. Apalagi jika kritikan itu datang dari dirimu sendiri yang notebene sedang merasakan kegagalan. Tentu akan membuatmu semakin kecewa. Hal ini yang membuat kita terjebak dan sulit untuk berkembang.


Baca Juga Postingan Tentang Sebuah Pengharapan


Meningkatkan Kecintaan Terhadap Diri

Ada 4 aspek dalam self-love yang bisa kamu perhatikan saat ingin meningkatkan kemampuan self-love.

1. Self-awareness (Kesadaran Diri)

Langkah awal, kamu perlu paham dan mengenali dirimu. Kamu harus memahami segala kekurangan dan kelebihan, kesenangan, serta tujuan hidupmu. Sehingga kamu bisa mengetahui hidupmu akan berjalan di jalur yang mana. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihanmu, kamu juga bisa menyadari bagian mana dari dirimu yang seharusnya sejak dulu kamu “banggakan” dan bagian mana dirimu yang perlu kamu tingkatkan.

 

2. Self-worth (Harga Diri)

Tahap kedua adalah menghargai diri. Sebelumnya, kamu telah memahami seperti apa dirimu dan apa tujuan hidupmu. Kamu akan sadar bahwa jalanmu dan orang lain akan berbeda karena tujuan dan diri setiap orang berbeda. Hal ini membuatmu sadar bahwa kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain karena kamu telah memilih jalan yang kamu inginkan. Pada tahap ini, kamu sudah mencintai dirimu sendiri.

 

3. Self-esteem (Kepercayaan Diri)

Self-esteem adalah cara kita memandang diri sendiri. Kita sudah merasa percaya diri karena kita tau kelemahan-kelebihan sehingga kita tau cara yang efektif dalam meresponnya.  Jika self-worth mu baik, maka Self-esteem bisa meningkat.

4. Self-Care (Perawatan Diri)

Self-care adalah suatu aktivitas untuk membuatmu tetap sehat baik dari segi fisik dan mental. Kamu bisa melakukan hal apapun yang membuatmu bahagia seperti menonton film favorit, pergi ke salon langganan, atau sekedar baca buku di halaman rumah. Kamu mungkin sibuk bekerja, namun harus tetap menyempatkan untuk melakukan hal-hal berharga sebagai investasi kebahagianmu di masa mendatang.

 

 

Setiap manusia berbeda. Setiap manusia tidak sempurna. Kamu berhak bahagia dan hidup dalam keutuhan diri. Jangan putus asa untuk mencintai diri.

Mencintai pasangan aja bisa, pasti mencintai diri sendiri juga bisa

Jangan lupa untuk terus mengapresiasi setiap langkah yang sudah kamu buat!

 

 

3 comments:

  1. Self love itu memang penting sekali. Karena kita harus kenal dengan diri kita terlebih dahulu, maunya apa dan bagaimana. Karena dengan kita mencintai diri kita sendiri, kita akan dengan mudahkan memancarkan aura positif kepada orang lain. Nice sharing kak!

    ReplyDelete
  2. Menurutku ini pembahasan yang menarik, why? Karena banyak di antara kita terlalu larut dalam arus sosial.. Walaupun kenyataannya manusia memang mahluk sosial, but.. Ada bagian yg lebih private yang layak untuk di hargai, di percayai, dan di percayai... Yaitu diri sendiri..

    ReplyDelete
  3. Artikel yg menarik, terkadang org2 hanya berpersepsi tentang kesenangan dirinya dengan mencari pengakuan dari orang lain, justru sya rasa itu bukan cara menghargai diri sendiri..

    Mencintai diri sendiri itu adalah menghargain diri kita sendiri namun tetap didalam koridor yg pantas utk diri kita, bukan atas persepsi orang lain..

    ReplyDelete

You Might Also Like

Powered by Blogger.